Ketahui 8 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Goyang

23 View

Republiksport.net-Roda belakang sepeda motor matic yang goyang bisa menjadi masalah yang banyak dihadapi oleh pemilik sepeda motor jenis ini. Tentunya jika hal ini terjadi, putaran mesin akan berombak dan tidak nyaman.

Ada banyak hal yang menyebabkan roda belakang sepeda motor matic goyang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui alasannya. Karena itu, Anda dapat mencegah roda belakang bergetar. Penyebab bagian belakang sepeda motor bergetar
Ban merupakan salah satu bagian mobil yang bergerak. Sepeda motor dan mobil, ban memainkan peran penting. Oleh karena itu, perlu perhatian khusus karena menyangkut kenyamanan dan keamanan saat berkendara di jalan.

Ban sepeda motor sering bermasalah dengan guncangan, tusukan, dan ketidaknyamanan lainnya. Alasan guncangan roda belakang otomatis dapat bervariasi. Agar tidak mengalami hal tersebut, Anda perlu mengetahui cara membuat solusi, cara mencegah dan mengatasinya.

Berikut ini adalah gambaran lengkap penyebab goyangan roda belakang pada sepeda motor matic. Selamat membaca!

Penggunaan jangka panjang

Salah satu penyebab roda belakang sepeda motor matic goyang adalah karena pemakaian yang lama. Tidak hanya ban, tetapi juga semua bagian roda belakang yang lama. Padahal biasanya masalah yang muncul adalah karet dudukan motor keras atau getas, sehingga mudah patah. Ban kempes menyebabkan roda belakang bergetar. Solusinya adalah segera ganti karet engine mount di bengkel terdekat agar motor Anda bisa hidup kembali.

Nah, untuk melepas dan memasangnya membutuhkan teknik khusus untuk memahaminya karena memang tidak mudah.
Cara menghilangkannya adalah karet dudukan mesin perlu dibor terlebih dahulu untuk merusak teksturnya. Setelah itu, bor menyesuaikan dengan ukuran karet. Setelahnya karet didorong perlahan hingga keluar dari lubang crankcase.

Laher Komstir Aus

Penyebab ban belakang motor matic goyang yang selanjutnya adalah leher komstir aus. Ya, komstrir merupakan salah satu bagian belakang roda motor. Dimana jika komstir bermasalah maka juga bisa mempengaruhi jalannya roda kendaraan.

Jadi, leher komstir yang aus bisa menyebabkan motor menjadi tidak stabil akibat stang yang sulit dikendalikan. Bantalan yang aus dapat disebabkan oleh pemasangan komstir yang rapat, sehingga mudah kering.

Banyak juga yang mengira bahwa getaran ban sepeda motor disebabkan oleh masalah pada pelek dan peredam kejut.

Bantalan poros belakang

Berkaitan dengan penyebab getaran roda belakang mesin matic, bantalan gardan belakang juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Karena itu, jika bagian ini rusak, kemungkinan besar akan hilang saat mengemudikan mobil.

Bahayanya jika komponen ini rusak, komponen lain yang terkait juga bisa rusak. Bantalan gandar belakang dapat rusak karena penggantian oli yang tidak teratur.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengganti oli baru secara rutin agar performa mobil tetap bagus dan mulus.

Bantalan roda depan

Penyebab getaran mur roda belakang sepeda motor adalah bearing atau leher roda depan putus. Selain bantalan gardan belakang, bantalan gardan depan yang rusak juga mengganggu ban sepeda motor. Kerusakan ini dapat menyebabkan korosi bantalan yang tidak luntur. Sehingga ban yang membawa lemak pada akhirnya akan mengering dan meledak.

Mur poros longgar

Mur gardan yang kendor juga menjadi penyebab putusnya roda belakang sepeda motor matic. Hasil kecepatan kendaraan yang tidak stabil karena mur poros kendor.

Jika Anda memilikinya, maka solusinya sangat mudah. Dimana mur perlu dioleskan kembali seperti semula. Benang roda longgar
Penyebab lain mur roda belakang bergetar adalah jari-jari roda juga terlepas. Dimana jari-jari roda berfungsi untuk menghubungkan roda dengan tromol untuk menstabilkan posisi kendaraan saat berjalan.

Sebab, kerusakan tersebut berdampak pada komponen ban. Sesuaikan jari-jari roda yang terhubung ke roda mobil ini dengan benar. Jika pemasangannya kendor atau salah, kecepatan kendaraan bisa terganggu, misalnya goyang atau goyang.

Mur-Mur dan Suspensi Belakang Kendor

Mur-mur dan suspensi di bagian belakang yang mengalami kendor juga menjadi penyebab ban belakang motor matic goyang. Pasalnya, semua komponen belakang motor ini berpengaruh terhadap kestabilan motor. Jadi, lakukan pengecekan secara rutin dengan cara mengencangkan mur yang kendor.

Velg Mengalami Peang

Penyebab ban motor matic goyang yang terakhir adalah velg yang peang atau rungsep. Kondisi ini bisa terjadi akibat kendaraan yang habis mengajar lubang jalan atau menabrak sesuatu. Jadi mengemudi dengan hati-hati, jika Anda menabrak lubang, lepaskan gas dengan kecepatan yang wajar. Putaran roda yang tidak stabil tentunya sangat mengganggu dan berbahaya bagi pengendara.

Jika kerusakan ban tidak terlalu parah, Anda bisa melanjutkan dengan bagian yang bengkok. Jika kerusakannya parah, Anda harus mengganti ban dengan yang baru.

Ini adalah beberapa alasan di balik mur roda belakang bergetar. Beberapa hanya perlu perbaikan kecil. Jadi jika Anda merasa tidak nyaman saat mengendarai sepeda motor dan merasakan roda belakang bergetar, bawa ke bengkel untuk diperbaiki, oke?

 


Post Views:

Leave a Reply

Your email address will not be published.